Sabtu, 16 Mei 2009

MATERI BAHASA

PARAGRAF
PARAGRAF terdiri dari beberapa bagian:
1. Paragraf Narasi
Paragraf Narasi adalah Paragraf yang berdasarkan cerita, di dalam paragraf tersebut ada tokoh, alur, dan setting. Contoh paragraf narasi adalah cerpen, novel, roman dll.
2. Paragraf Deskripsi
Paragraf Deskripsi adalah paragraf yang berdasarkan penggambaran sesuatu sesuai dengan apa yang dilihat oleh panca indra kita.
3. Paragraf Eksposisi
Paragraf Eksposisi adalah paragraf yang memaparkan atau menjelaskan sesuatu dengan memberikan data atau fakta. Hal ini bisa dijelaskan dengan proses, cara .
4. Paragraf Persuasi
Paragraf Persuasi adalah paragraf yang mengajak atau mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu sesuai dengan yang diinginkan penulis.
contoh: pidato, iklan, karangan persuasi lainnya.
5. Paragraf Argumentasi
Paragraf Argumentasi adalah paragraf yang memberikan data atau fakta untuk membuktikan kebenaran cerita. Fakta tersebut dapat berupa grafik, tabel, berita, data lainnya. dll.

6 komentar:

  1. TUGAS CONTOH PARAGRAF. (POLA PENGEMBANGAN PARAGRAF)

    Narasi
    Setiap hari, Rika selalu bangun pagi-pagi sekali untuk melaksanakan sholat subuh. Setelah sholat, ia segera mandi serta berpakaian seragam sekolah lengkap. Dan tidak lupa, sebelum berangkat sekolah, ia sarapan terlebih dahulu.

    Deskripsi
    Rika adalah seorang siswi kelas 2 SMA. Ia dikenal sebagai siswi yang pintar disekolahnya, dan selalu mendapat ranking dikelasnya. Rambutnya yang hitam dan panjang selalu mendapat pujian dari teman-temannya. Postur tubuhnya tinggi, sehingga ia juga berprestasi dalam bidang olahraga.

    Argumentasi
    Menurut penilitian, saat ini mulai bermunculan jenis-jenis penyakit pernapasan yang baru. Mulai dari SARS, flu burung sampai flu babi. dan banyak masyarakat yang menjadi korbannya. Seharusnya pemerintah dapat lebih cepat tanggap terhadap penyakit-penyakit baru tersebut dan harus segera menemukan penawarnya.

    Persuasi
    Penyakit seperti kolesterol, jantung dan darah tinggi, tidak hanya diderita oleh orang lanjut usia. Tetapi dapat pula diderita oleh anak-anak dan remaja. Oleh karena itu, marilah hidup sehat mulai dari usia dini.

    Eksposisi
    Cara membuat Es Lemon Tea

    Siapkan alat dan bahan, seperti buah lemon segar yang sudah diambil airnya, racikan teh, gula, air hangat, es batu, teko, penyaring, gelas dan sendok. Pertama, masukan racikan teh kedalam teko lalu tuangkan air panas, aduklah dengan sendok, sehingga jadilah air teh. Kedua, tuangkan teh kedalam gelas dengan menggunakan penyaring agar ampas teh tidak ikut terbawa lalu tambahkan gula dan aduk dengan sendok. Setelah itu, tuangkan air lemon, dan aduk kembali. Terakhir, tambahkan es batu. Es Lemon Tea Siap disajikan.

    RATNA MUTHYA HARIYANI
    XI IA 1

    BalasHapus
  2. 1. Paragraf Deduktif
    Paragraf deduktif adalah paragraf yang dimulai dengan menyebutkan peristiwa – peristiwa yang umum, untuk menuju kepada kesimpulan khusus.
    * Setiap orang dilahirkan dan di besarkan di dalam lingkungan keluarga. Tak seorangpun yang tidak mengalami kehidupan di dalam keluarga. Pemeliharaan dan pembinaan seseorang anak adalah perwujudan cinta kasih kepada orang tua. Secara alamiah orang tua mempunyai rasa cinta kepada anak. Bagaimanapun keadaannya orang tua tetap akan memelihara dengan penuh kasih sayang terhadap anaknya.
    * Ilmu pengetahuan itu sangat penting. Sebab ilmu pengetahuan membuat kita jadi pintar. Kepintaran membuat kita lebih percaya diri. Kepercayaan diri membuat kita tidak mudah terpengaruh kata-kata orang lain. Apalagi itu hanya berupa hasutan atau isu-isu tanpa bukti. Kita juga tidak bisa di bohongi oleh orang yang ingin menjerumuskan. Dengan ilmu kita bisa mendapat pengalaman berharga.

    2. Paragraf induktif
    Paragraf induktif adalah paragraf yang dimulai dengan menyebutkan peristiwa-peristiwa yang khusus, untuk menuju kepada kesimpulan umum.
    * Kepintaran membuat kita lebih percaya diri dan mendapatkan pengalaman. Pengalaman membuat kita tau akan arti hidup. Kita dapat terhindar dari hasutan orang lain yang merugikan diri sendiri. Kita dapat ilmu dalam mempelajari dan tidak henti untuk mencarinya. Ilmu pengetahuan membuat kita menjadi pintar dan ilmu itu sangat penting.
    * Entah beberapa kali sudah Damayanti mengepalkan kedua belah tangannya. Bibirnya berulang-ulang dikatupkanyya, menahan air matanya yang sebentar-bentar hendak keluar. Dicobanya melupakan kemalangan yang menimpa dirinya tetapi tidak berhasil. Ia kecewa, sedih berkepanjangan sehingga menyesatkan dadanya.

    3. Paragraf Campuran
    Paragraf campuran adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak pada kalimat pertama dan kalimat terakhir. Dalam kalimat ini terdapat dua kalimat utama. Kalimat terakhir umumnya mengulngi gagasan yang dinyatakan kalimat pertama sedikit tekanan atau variasi.
    * Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak dapat dilepaskan dari komunikasi. Kegiatan apa pun yang dilakukan manusia pasti menggunakan sarana komunikasi, baik sarana komunikasi yang sederhana maupun yang modern. Kebudayaan dan peradaban manusia tidak akan bisa maju seperti sekarang ini tanpa adanya sarana komunikasi.
    * Sifat kodrati bahasa yang lain yang perlu dicatat di sini ialah bahwasanya tiap bahasa mempunyai sistem. Ungkapan yang khusus pula, masing-masing lepas terpisah dan tidak bergantung dari yang lain. Sistem ungkapan tiap bahasa dan sistem makna tiap bahasa dibatasi oleh kerangka alam pikiran bangsa yang memiliki bahasa itu kerangka pikiran yang saya sebut di atas. Oleh karena itu janganlah kecewa apabila bahasa Indonesia tidak membedakan jamak dan tunggal, tidak mengenal kata dalam sistem kata kerjanya, gugus fonem juga tertentu polanya, dan sebagainya. Bahasa Inggris tidak mengenal “unggah-ungguh”. Bahasa Zulu tidak mempunyai kata yang berarti “lembu”, tetapi ada kata yang berarti “lembu putih”, “lembu merah”, dan sebagainya. Secara teknis para linguis mengatakan bahwa tiap bahasa mempunyai sistem fonologi, sistem gramatikal, serta pola semantik yang khusus.


    Lapiz Lazuli
    11.ia.1

    BalasHapus
  3. ass...
    salam ukhuwah

    saya mau ngasih tahu ni kalau mau libuean ke daerah saya aja cz wisata nya bagus2 banget ada pemandangan yang indah, ada air panas yang alami untuk mandi, ada air terjun yang indaaaah banget dan banyak yang lainnya juga lho..,

    pokoknya memuaskan deh..

    BalasHapus
  4. ass, ukhti fatiha bisa nggak ana minta tolong,
    ukh.. tolong pasangkan skript website di Blog ukh

    URL Website ana

    http://www.pulsa89.com/?id=MQ-PULSA


    semoga allah membalas kebaikan ukhti..
    amien..

    BalasHapus
  5. MANCHESTER (SI) – Gairah Manchester United (MU) sangat tinggi menghadapi musim baru. The Red Devils menjadikan Community Shield sebagai parameter awal kesuksesan mempertahankan gelar Liga Primer.

    Uji coba terakhir MU di Old Trafford dini hari kemarin menjadi salah satu alasan yang membuat para pendukung ataupun punggawa tim memiliki semangat besar menghadapi kompetisi 2009/2010. Selain keunggulan 2-0 tercipta atas Valencia,penampilan para pemain di lapangan sangat solid sepanjang laga. Selain Wayne Rooney yang semakin dewasa dan Antonio Valencia mulai menyatu, Michael Owen kembali menjadi buah bibir lewat penampilan agresifnya.

    Sayang dia gagal menyumbang gol.Jika lebih sabar,Owen dapat mencetak empat gol. ’’Michael (Owen) sedang tidak beruntung. Dia membuang banyak sekali kesempatan mencetak gol,” ujar Sir Alex Ferguson kepada The Sun. ’’Namun, secara umum saya sangat puas karena tim terlihat telah siap tampil di kompetisi.Apalagi, Antonio (Valencia) menunjukkan kekuatan dan kecepatan luar biasa,” ujar nakhoda asal Skotlandia itu.

    Bagi Fergie––sapaan Ferguson–– menjadikan MU mengawali Liga Primer dengan gelar Community Shield menjadi sangat penting. Selain akan menjadi gelar ketiga secara beruntun setelah 2007 dan 2008, keberhasilan mengalahkan Chelsea, Sabtu (8/8), akan membuat MU memantapkan diri sebagai kolektor gelar Community Shield terbanyak (saat ini mengumpulkan 17 gelar).Namun, yang paling penting,kemenangan atas The Blues, tentu saja akan menjawab kritik pedas publik tentang penjualan Ronaldo. Walau penampilan para pemain di laga-laga uji coba sangat memuaskan,Ferguson tetap tidak boleh jemawa.

    Di samping lawanlawan yang akan mereka hadapi memiliki kemampuan yang tidak terlalu istimewa, cedera Edwin van der Sar juga berpotensi membuat lubang besar di sektor pertahanan. Pasalnya, kualitas dua penjaga gawang––Ben Foster dan Tomasz Kuszczak––belum teruji di level kompetisi seketat Liga Primer. Kedua palang pintu MU tersebut juga terkenal sering melakukan blunder fatal. Tidak hanya faktor internal, usaha MU mencetak hat-trickCommunity Shield juga terhalang kemajuan signifikan yang ditampilkan The Blues,julukan Chelsea.

    paragraph 1:Paragraf deskriptif karena hanya ada dua kalimat
    Paragraph 2:Paragraf deduktif
    Paragraph 3:Paragraf deduktif
    Paragraph 4:Paragraf deduktif
    Paragraf 5:Paragraf deduktif
    by:angga.s
    ips 3

    BalasHapus